Pesona Nusa Lembongan, Permata Tersembunyi Bali untuk Liburan Idaman

Bali dikenal luas karena keindahan pantainya yang memukau, dan tidak hanya terbatas pada area Bali selatan. Di Klungkung, terutama di kepulauan seperti Nusa Lembongan, terdapat keajaiban wisata yang menanti untuk dijelajahi.

Nusa Lembongan menawarkan pantai dengan pasir putih yang halus, menciptakan surga tropis yang sempurna untuk liburan. Beberapa destinasi populer di Nusa Lembongan termasuk Dream Beach, Mushroom Bay, Coconuts Beach, dan Jungutbatu Beach, masing-masing dengan pesonanya yang unik.

Terletak berdekatan dengan Nusa Penida dan Nusa Ceningan, Nusa Lembongan yang memiliki luas sekitar delapan kilometer persegi ini, menampilkan kekayaan alam yang luar biasa.

Pulau ini dihuni oleh sekitar lima ribu orang, dengan sektor pariwisata sebagai tulang punggung ekonomi lokal. Kehidupan masyarakatnya yang erat dengan alam dan budaya Bali menambah keunikan pengalaman berwisata di Pantai Nusa Lembongan.

Cara Menuju Nusa Lembongan

Untuk mencapai Nusa Lembongan, Anda dapat memulai perjalanan dari Pelabuhan Pantai Sanur menggunakan speedboat yang memakan waktu sekitar 30-45 menit, atau memilih perjalanan yang lebih santai dengan perahu tradisional yang berdurasi 60-90 menit, yang akan berlabuh di Pantai Jungutbatu.

Alternatif lain, dari Pelabuhan Serangan, Kapal Marina Srikandi berangkat pada pukul 08.30 WITA. Pelabuhan Benoa juga menyediakan rute ke Nusa Lembongan, dengan jadwal keberangkatan pada pukul 09.00 WITA, 10.30 WITA, dan 15.30 WITA.

Pilihan Penginapan di Nusa Lembongan

Untuk traveler yang merencanakan menginap lebih lama di Nusa Lembongan, ada beragam pilihan penginapan yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan anggaran Anda. Inilah salah satu rekomendasi penginapan yang telah dikompilasi dari berbagai sumber:

1. Sunday Huts Lembongan

Terletak tidak jauh dari Mushroom Bay, guest house ini menawarkan kamar-kamar dengan pemandangan menawan mengarah ke pantai. Sunday Huts Lembongan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan Anda selama menginap.

Ada restoran, taman yang asri, dan kolam renang outdoor yang bisa dinikmati. Untuk sarapan, pengunjung bisa memilih antara menu à la carte, kontinental, atau sarapan Amerika yang disediakan oleh akomodasi.

2. Naturale Villas

Hanya beberapa menit berjalan kaki dari Mushroom Bay, Naturale Villas menawarkan pengalaman menginap yang berkelanjutan dengan menggunakan bahan daur ulang dari sekitar area lokal.

Villa ini bukan hanya menyuguhkan akomodasi yang ramah lingkungan, tetapi juga dilengkapi dengan restoran dan kolam renang yang dikelilingi pemandangan hijau yang menenangkan. Fasilitas termasuk akses Wi-Fi gratis di seluruh area, layanan binatu, pijat, dan opsi untuk menyewa sepeda.

3. The Tanis Beach Resort Nusa Lembongan

Berlokasi strategis dekat dengan Mushroom Bay, The Tanis Beach Resort menawarkan kamar-kamar yang memiliki pemandangan langsung ke pantai.

Pengunjung bisa menikmati fasilitas seperti mini bar di kamar dan berbagai aktivitas rekreasi seperti banana boat, snorkeling, dan kunjungan ke budidaya rumput laut, menambah pengalaman menginap yang menyenangkan dan beragam.

4. Mahagiri Resort Nusa Lembongan

Sebagai resort tepi pantai, Mahagiri menawarkan akses langsung ke Pantai Mahagiri dengan latar belakang pemandangan Gunung Agung yang mempesona.

Selain layanan kamar yang prima, resort ini menyediakan berbagai fasilitas rekreasi termasuk olahraga air, penyewaan sepeda, snorkeling, dan windsurfing, memastikan pengalaman yang tak terlupakan selama menginap di Nusa Lembongan.

Destinasi Wisata di Sekitar Nusa Lembongan

Saat berada di Nusa Lembongan, Anda akan menemukan berbagai pilihan objek wisata yang menarik, tidak terbatas hanya pada pantai yang eksotis. Anda juga dapat menjelajahi hutan mangrove yang menawarkan pengalaman alam yang berbeda.

Beberapa tempat populer yang bisa dikunjungi di Nusa Lembongan termasuk, tetapi tidak terbatas pada, beberapa pantai cantik dan area hutan mangrove yang memukau.

1. Pantai Jungutbatu

Terletak di bagian barat laut Nusa Lembongan, Pantai Jungutbatu adalah titik kedatangan utama bagi pengunjung yang datang dari Sanur.

Di pantai ini, Anda akan disambut dengan pemandangan pasir putih yang luas dan deretan perahu yang bersandar di tepinya, menciptakan pemandangan yang memikat.

2. Mushroom Bay

Terletak di sisi barat pulau, Teluk Jamur atau Mushroom Bay tidak memiliki garis pantai pasir putih yang luas seperti pantai lainnya di Nusa Lembongan.

Namun, bay ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang menawan dan menjadi spot ideal untuk kegiatan seperti diving dan Snorkeling Nusa Penida, menawarkan pengalaman bawah air yang mengesankan.

3. Devil Tears

Di sudut barat daya Nusa Lembongan, terdapat Devil Tears, sebuah formasi tebing curam di mana pengunjung bisa menyaksikan pemandangan ombak yang menghantam tebing dengan sangat kuat. Fenomena alam ini menciptakan semburan air laut yang spektakuler, yang dikenal sebagai "air mata iblis".

Meskipun namanya terdengar menyeramkan, pemandangan di Devil Tears semakin mempesona saat matahari terbenam dan ombak bertabrakan dengan tebing. Namun, pengunjung disarankan untuk tetap menjaga jarak dari tepi tebing karena kondisinya yang berbahaya.

4. Hutan Mangrove

Terbentang dari sisi utara hingga timur Nusa Lembongan, hutan mangrove ini bukan hanya penting untuk pelestarian lingkungan tetapi juga merupakan destinasi wisata yang menarik.

Untuk menjelajahi area ini, pengunjung bisa menyewa perahu dengan biaya sekitar Rp 100.000, menawarkan pengalaman menyusuri ekosistem mangrove yang unik dan mempesona.

5. Yellow Bridge

Jembatan kuning ini menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan dan telah menjadi salah satu ikon fotogenik di kawasan ini.

Dibangun pada tahun 1995, Yellow Bridge memiliki panjang 138 meter dan lebar 1,8 meter, seringkali menjadi latar belakang populer untuk berbagai foto karena warnanya yang cerah dan pemandangan menawan di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *