Eksplorasi Kawah Putih Ciwidey, Keajaiban Alam Bandung Selatan

Jika Anda sedang berada di Bandung, kunjungan Anda belum akan terasa sempurna tanpa mampir ke Kawah Putih Ciwidey. Tempat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata alam terpopuler di Bandung.

Kawah Putih Ciwidey menawarkan pemandangan menakjubkan dari kawah vulkanik yang berwarna putih kehijauan, dikelilingi oleh batuan kapur.

Untuk Anda yang tertarik, berikut ini informasi mengenai lokasi, harga tiket, dan apa saja yang membuat Kawah Putih Ciwidey begitu menarik.

Mengenal Pesona Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey dikenal sebagai destinasi wisata alam yang mempesona, dengan karakteristik kawah vulkanik berwarna putih kehijauan yang dikelilingi oleh batu kapur.

Berdasarkan informasi dari situs Perhutani Wisata Jabar, Kawah Putih tercipta dari kaldera hasil letusan Gunung Patuha yang berlokasi di Ciwidey. Lokasi ini menawarkan pemandangan luas kawah berwarna putih yang menyegarkan dan menyatu dengan nuansa pedesaan khas Priangan.

Pengunjung di pagi hari akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbit yang memukau, sementara di malam hari, keindahan gugusan bintang dan galaksi bima sakti bisa dinikmati dengan jelas.

Kawah Putih yang sebenarnya adalah bagian dari Gunung Patuha ini lebih populer dengan nama Kawah Putih. Terletak pada ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut, kawasan ini memiliki suhu udara yang berkisar antara 8-22 derajat Celsius.

Atraksi Utama Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey memukau pengunjung dengan berbagai pesona alamnya, yang meliputi:

1. Danau Kawah Putih

Danau ini adalah ciptaan dari letusan Gunung Patuha, dengan air berwarna hijau keputih-putihan yang sangat jernih. Danau dikelilingi oleh pasir berwarna putih, kabut tipis, dan sesekali letupan lumpur kecil.

Warna air danau ini unik karena bisa berubah-ubah, dari hijau apel, biru muda, hingga cokelat susu, bergantung pada kondisi suhu, kandungan belerang, dan perubahan cuaca di sekitarnya.

2. Sunan Ibu

Merupakan sebuah bukit yang terletak di dekat Kawah Putih Ciwidey, tempat ini menjadi lokasi yang sempurna untuk menikmati sunrise.

Dari puncak Sunan Ibu, pengunjung bisa melihat keindahan Kawah Putih yang dikelilingi oleh hutan lebat dan hijau, menambah daya tarik dan keistimewaan dari Kawah Putih Ciwidey.

3. Dermaga Ponton

Kawah Putih Ciwidey juga menawarkan kesempatan untuk menikmati keindahan danau vulkanik dari Dermaga Ponton, sebuah dermaga kayu yang letaknya di tepi danau.

Meskipun dibangun dari kayu dan hanya dapat menampung hingga 30 orang pada satu waktu, dermaga ini menawarkan pengalaman unik untuk merasakan keheningan danau sambil menyaksikan uap air yang mengepul dari permukaannya.

4. Skywalk Cantigi

Sebuah atraksi menarik lain di Kawah Putih Ciwidey adalah Skywalk Cantigi. Jembatan ini, yang terbuat dari bambu dan sepanjang 500 meter dengan tali sebagai pegangan, terletak di kawasan Hutan Cantigi.

Jembatan ini dirancang mengikuti kontur lembah yang naik turun, memberikan pengalaman berjalan yang unik dan menantang. Skywalk ini membentang hingga ke puncak bukit Sunan Ibu, menawarkan pemandangan alam yang spektakuler kepada para pengunjung.

Alamat & Cara Pergi ke Kawah Putih Ciwidey

Objek Wisata di Bandung Lagi Hits ini terletak di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11, Lebakmuncang, Ciwidey, di Sugihmukti, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dengan kode pos 40972.

Pengunjung yang ingin mengunjungi kawasan Kawah Putih perlu menggunakan ontang-anting, sebuah jenis transportasi khusus yang disediakan oleh pengelola untuk mencapai area Kawah Putih.

Waktu Buka dan Biaya Masuk Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey menyambut pengunjung setiap hari dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Berikut adalah detail biaya tiket untuk memasuki Kawah Putih Ciwidey:

  • Tiket masuk untuk pengunjung lokal: Rp 30.000 per orang
  • Tiket masuk untuk pengunjung internasional: Rp 81.000 per orang
  • Tiket kombinasi: Rp 74.000 per orang, mencakup akses ke Ontang-anting, Sky Walk, dan Jembatan Apung
  • Biaya perjalanan bolak-balik dengan ontang-anting: Rp 29.000

Terdapat biaya tambahan untuk beberapa atraksi dan layanan di Kawah Putih Ciwidey, antara lain:

  • Naik kuda: Rp 50.000
  • Memanah: Rp 20.000
  • Taman bermain mini: Rp 20.000
  • Akses ke Sunan Ibu: Rp 11.000
  • Jembatan Apung: Rp 15.000
  • Layanan fotografer profesional: Rp 10.000
  • Sesi foto prewedding atau foto sesi lainnya: Rp 500.000
  • Biaya untuk rekaman atau shooting: Rp 3.000.000

Pengunjung juga harus membayar biaya parkir kendaraan sebagai berikut:

  • Sepeda motor: Rp 8.000
  • Mobil: Rp 15.000
  • Bus: Rp 43.000

Fasilitas Penunjang Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey menawarkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, termasuk toilet umum, tempat ibadah, beragam pilihan warung makan, area parkir yang memadai, layanan transportasi ontang-anting, panduan dari guide lokal, tempat berteduh, berbagai spot foto yang cocok untuk Instagram, dan banyak lagi.

Dengan informasi tentang lokasi, detail harga tiket, dan berbagai daya tarik Kawah Putih Ciwidey di Bandung ini, apakah Anda tertarik untuk merencanakan kunjungan ke sana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *